Pelaksanaan Ujian ANBK Bagi Siswa SMKN 1 Panji Situbondo

Dalam rangka mempersiapkan infrastruktur dan upaya suksesnya pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2021, SMKN 1 Panji menyelenggarakan kegiatan simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pada Senin-Kamis, 6-9 September 2021 di SMK 1 Panji.
Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dilaksanakan pada Senin-Selasa, 20-21 September 2021 berjalan dengan lancar tanpa ada kendala. Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter peserta didik.
Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret proses input dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.
Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar.
Asesmen Nasional terdiri dari tiga instrumen, yaitu:
• Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid.
• Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid
• Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Ibu Ice Septiawati, S.Pd. menyampaikan pentingnya pelaksanaan ANBK sesuai dengan rencana pemerintah untuk pelaksanaan ANBK tingkat SMK 1 Panji pada tanggal 20-21 September 2021.
“Asesmen Nasional ini salah satu tolak ukur penilaiannya ada pada hasil belajar siswa yang mendasar yakni literasi, numerasi, dan karakter,” ungkap Ibu Ice.
Beliau menjelaskan bahwa sasaran Asesmen Nasional ini bagi siswa yaitu AKM (Literasi dan Numerasi) untuk Hasil Belajar Kognitif, Survey Karakter untuk hasil belajar sosial – emosional.

Survey lingkungan belajar yang diisi oleh Bapak Ibu Guru berkaitan dengan Karakteristik input dan output proses pembelajaran.

Write a Comment

Leave a Reply